periscope

Live Streaming Video, Sebuah Tren Sosial Media Baru?

Seiring dengan dimulainya era komersialisasi jaringan 4G LTE, khususnya [yang baru sampai] di Indonesia, sudah barang tentu akses serta konsumsi para netizen terhadap kebutuhan data akan semakin meningkat. Kecenderungan tersebut pun telah memunculkan tren baru di dalam dunia sosial media, yaitu; Live Streaming Video.

Sebenarnya platform live streaming video bukanlah sebuah barang baru. Kita tentu telah mengenal aplikasi Youtube, Ustream, atau Livestream. Namun aplikasi tersebut membutuhkan bandwith serta kecepatan data yang stabil [satu hal yang cukup langka di Indonesia]. Nah, dengan mulai berkembangnya koneksi data yang semakin cepat [mudah-mudahan], banyak netizen yang mulai memakai live streaming video untuk berbagi informasi apapun.

Kepopuleran live streaming video sebagai sesuatu yang ‘unyu’ tersebut juga turut di dukung oleh kehadiran Meerkat serta Periscope. Aplikasi mobile yang dapat di unduh melalui smartphone di Google Play atau Apple App Store secara gratis. Kedua aplikasi yang saling bersaing tersebut pun menawarkan fitur yang berbeda kepada masing-masing penggunanya, dan sangat seru untuk di coba [bagi Anda yang belum mengunduhnya].

Yang ingin saya sampaikan dalam tulisan ini adalah, kedua aplikasi [Meerkat dan Periscope] tersebut jauh lebih user friendly [mudah digunakan] ketimbang tiga aplikasi pendahulunya yang saya sebutkan di atas. Sebagai referensi bagi Anda yang penasaram ingin mencoba, berikut resensi saya tentang kedua aplikasi tersebut:

  1. Walaupun Meerkat yang didirikan oleh Ben Rubin telah lebih dahulu hadir dan popular di kalangan selebriti di Amerika, namun saya menyenangi Periscope karena tampilannya yang lebih sederhana dan minimalis, persis seperti konsep yang dianut oleh pemiliknya, yaitu, Twitter.
  2. Keunggulan lain yang di miliki oleh Periscope selain integrasi yang mudah [melalui Twitter] adalah kemampuannya dalam menyimpan video hasil streaming [terbatas dalam rentang waktu 24 jam]. Namun begitu, aplikasi Meerkat menawarkan penggunanya untuk menjadwal postingan siaran live mereka.
  3. Seperti tidak mau ketinggalan, Meerkat pun melakukan terobosan khusus bagi Anda yang sedang meng’gandrungi’ kamera aksi GoPro, yaitu dengan koneksi langsung via wi-fi. Bayangkan kesenangan yang Anda dapat jika bisa langsung membagikan atraksi-atraksi unik atau pengalaman petualangan yang cukup ekstrim secara langsung, bahkan dengan menggunakan sebuah drone.
  4. Karena di miliki oleh Twitter, maka Periscope memungkinkan penggunanya untuk menampilkan semua orang yang di follow di dalam Twitter, sehingga sangat memudahkan untuk mencari teman Anda yang juga menggunakan aplikasi tersebut. Sementara dengan Meerkat Anda harus mengetikkan nama satu persatu untuk mencari teman Anda di dalam jejaring tersebut.
  5. Baik Meerkat maupun Periscope memungkinkan kepada penggunanya untuk mengomentari siaran video yang sedang berlangsung. Tidak hanya itu, kedua aplikasi tersebut juga memiliki fitur ‘like’ dengan cara mengetuk layar di dalam sebuah streaming. Semakin banyak ‘like’ yang di dapat, maka akan semakin tinggi reputasi Anda.

Bagi Anda yang juga telah mencoba kedua atau salah satu di antara aplikasi tersebut, silahkan menambahkan resensi saya ini. Namun intinya, teknologi yang memungkinkan setiap individu untuk saling terhubung satu sama lain dalam sebuah ‘kebersamaan spontan’ ini juga dapat membantu dalam banyak aspek. Tidak terkecuali bagi sebuah Korporat [brand], Pemerintah [politik], Media Massa, Selebriti, maupun bagi seorang Blogger [netizen] seperti saya.

Secara sadar, teknologi yang memungkinkan masyarakat untuk berbagi informasi secara mentah [langsung] tanpa proses editing ataupun sensor tersebut bisa dikategorikan sebagai sebuah tonggak baru dalam kemerdekaan arus informasi [demokratisasi]. Pertanyaan yang timbul kemudian adalah, apakah popularitas berbagi informasi dalam bentuk video ini akan berdampak pada ditinggalkannya kegiatan pelaporan secara konvensional?

Sebut saja seperti menulis misalnya?

Total 0 Votes
0

Tell us how can we improve this post?

+ = Verify Human or Spambot ?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*