Hidup Merdeka Atau Punah Bhinneka?

hidup merdeka

Bangsa Indonesia tengah bersuka. Menikmati anugerah kedaulatan yang konon pemberian sang cahaya asia. Momen tahunan dimana bendera pusaka [akhirnya] dapat menikmati segarnya udara. Rakyat berpesta gembira, sementara para petinggi memilih adat dalam berbusana. Mungkin mereka bangga. Mungkin sekedar ikut berlomba. Namun pertanyaan sebenarnya, apakah kita telah sungguh merdeka?

Mari kita cermati bersama;

Benarkah kita hidup dalam bhinneka? Sebab yang nampak di depan mata, demokrasi terlihat gentar dan hampir binasa. Lalu mengapa rakyat perlahan surut dan bersembunyi terhadap kata. Bukankah kamus demokrasi tidak mengenal penjara di dalamnya? Bukankah bertutur merupakan HAK anak bangsa? Bukankah kita wajib saling mengingatkan kepada sang pedoman, untuk selalu jujur dan menjauhkan dusta?

Rakyat tentu girang, jika diasuh dengan penuh kasih sayang. Bukan dengan harga kebutuhan pokok yang membuat gamang. Atau langkanya garam di pasaran yang justru semakin bikin kita meradang. Katanya kita bangsa pemenang. Katanya sang pedoman tidak bersifat adigang. Namun semakin hari, semakin kita dihadapkan pada sebuah jurang. Semoga saja bangsa ini tidak saling adu unjuk pedang!

Hiduplah Indonesia Raya!

Semoga dan semoga, ujung-ujungnya melulu menjadi doa bagi kita yang tumbuh beraneka. Sungguh bukanlah cerminan sebuah bangsa merdeka. Rakyat yang kian hari kian jelata, kian mudah terprovokasi oleh bengisnya isu SARA. Rasa takut pun kerap menjadi komoditas yang bebas merajalela. Lalu, kapan kami bahagia? Penuh karsa, penuh cita, penuh rasa, penuh swadarma.

Sesungguhnya tulisan ini bukanlah bermaksud menyalak. Walaupun para koruptor dan pengemplang pajak, wajib kita talak. Mutlak. Sebab kalau tidak, bagaimana pertanggunjawaban kita terhadap generasi penerus kelak. Banggakah mereka bangsanya terus menerus dipalak? Sementara keadilan bak catatan usang nan abstrak. Keadilan selalu berpihak hanya kepada mereka yang hidup congkak.

Total 2 Votes
0

Tell us how can we improve this post?

+ = Verify Human or Spambot ?

Comments

comments